SEKILAS INFO
: - Rabu, 24-07-2024
  • 8 bulan yang lalu / Pelaksanaan Sumatif Gasal 2023 Insya Allah Akan dilaksanakan pada tangga; 27 November¬† s. d. 5 Desember 2023
  • 8 bulan yang lalu / Selamat Untuk Nilna IX A yang meraih Juara ke 2 Lomba Cerita Kyai NU dalam Ajamh Hari Santri ke IX Kab Demak
  • 8 bulan yang lalu / Selamat untuk Ananda Iqbal dan Faqih yang meraih juara 1 dan 2 dalam Even Kejurcab Pagar Nusa Kab Demak tahin 2023
Iqbal Dan Faqih adalah Hari Pahlawan 22023 MTs NU Raudlatul Muallimin

Pahlawan merupakan sebutan bagi mereka yang sangat berjasa bagi bangsa dan negara. Pahlawan tidak hanya mengorbankan waktu dan tenaga, namun juga rela mengorbankan nyawanya demi kepentingan bangsa serta negara. Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan pahlawan? Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pahlawan dimaknai sebagai orang yang menonjol karena keberanian serta pengorbanannya dalam membela kebenaran. Pahlawan adalah pejuang yang gagah berani. Dalam membela kebenaran, pahlawan harus mengorbankan tenaga, pemikiran, waktu, bahkan nyawa. Pahlawan tidak berjuang untuk kepentingannya sendiri, melainkan untuk kepentingan masyarakat, bangsa, serta negara.

Nilai-nilai yang dimiliki seorang pahlawan Dalam ARSIP (Media Kearsipan Nasional): Nilai-Nilai Kepahlawanan (2014) yang diterbitkan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia, ada beberapa nilai yang ahrus dimiliki seorang pahlawan, yakni:

Rela berkorban Artinya pahlawan rela mengorbankan apa saja yang dimilikinya untuk membela kebenaran.

Mengutamakan kepentingan orang banyak di atas kepentingan pribadi Artinya pahlawan berkorban dan berjuang dengan mengutamakan kepentingan orang banyak, seperti masyarakat, bangsa, dan negara.

Pahlawan tidak boleh egois atau mengutamakan kepentingannya sendiri.

Pantang mundur Artinya pahlawan tidak boleh mudah menyerah terhadap situasi atau kondisi yang sedang dihadapinya saat ini.

Pahlawan harus tetap berusaha semampu mungkin untuk membela serta memperjuangkan kebenaran.

Cinta tanah air Artinya seorang pahlawan haruslah punya sikap cinta tanah air. Karena yang diperjuangkannya adalah bangsa dan negaranya sendiri.

Ikhlas dan tanpa pamrih Artinya seorang pahlawan harus berjuang dengan ikhlas dan tidak mengharapkan imbalan, seperti uang atau pujian dari orang lain.

Nilai-nilai tersebut harus kita tanamkan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya dengan mengutamakan kepentingan orang lain di atas kepentingan diri sendiri, serta menanamkan cinta tanah air. Dengan menerapkan nilai-nilai yang dimiliki pahlawan, kita bisa menjadi manusia yang tangguh. Selain itu, kehidupan masyarakat akan menjadi lebih tentram, damai, aman, serta terhindar dari konflik yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan Indonesia.

Di MTs NU Raum banyak sekali pahlawan pahlawan bermunculan menurut versi MTs Nu Ram. Tahun 2023 pahlawan yang muncul adalah teman kita Iqbal kelas VII C dan Faqih kelas IX C. Dalam ajang Kejurkab Pagar Nusa Kabupaten Demak, teman kita dapat meraih 2 buah medali. Iqbal meraih juara 1 dan Faqih meraih juara 2. Semuanya nampak senang dan bahagia karena telah mempersembahkan medali untuk MTs NU Raumpada tahun ini.

Semoga teman teman yang lain bisa meniru teman-teman kita yang berprestasi, baik akdemik maaupun non akademik.

semoga

Share

TINGGALKAN KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Data Sekolah

MTs NU Raudlatul Muallimin

NPSN : 20364399 / NSM : 121233210093

Jalan Raya Ngawen No.19, Ds. Ngawen RT.04 RW.01
KEC. Kec. Wedung
KAB. Kab. Demak
PROV. Prov. Jawa Tengah
KODE POS 59554
TELEPON (0291) 6906116
FAX (0291) 6906116
EMAIL mtsnuraum3@gmail.com