SEKILAS INFO
: - Minggu, 31-05-2020
  • 5 hari yang lalu / Keluarga Besar MTs NU Raum menyampaikan selamat merayakan Idul Fitri 1441 H “MOHON MAAF LAHIR BATIN”
  • 2 minggu yang lalu / Pelaksanaan PAT kelas 7 dan 8 In Syaa Allah 3 – 11 Juni 2020
  • 2 bulan yang lalu / Berdasarkan edaran dari Kemenag RI Nomor: 6370/Kw.11.2/1/PP.00/05/2020,  tentang Penyelenggaraan  Pembelajaran jarak jauh dan Libur Akhir Tahun bahwa Pembelajaran Jarak jauh (PJJ) secara mandiri di rumah   diperpanjang  sampai tanggal 20 Juni 2020.

Madrasah sebagai lembaga pendidikan sudah tidak asing lagi melakukan evaluasi. Evaluasi dapat dilakukan setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar atau lebih. Evaluasi di madrasah/sekolah dikenal dengan istilah ulangan harian, Penilaian Tengah Semester (PTS), kemudian ada Penilaian Akhir Semester (PAS) saat semester ganjil, sedangkan ketika semester genap istilahnya disebut Penilaian Akhir Tahun (PAT), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Sebagaimana dimadrasah tempat saya bertugas, hari ini melaksanakan kegiatan PTS. Saat pagi siswa/i sudah menunjukan semangat yang tinggi untuk mengikuti PTS.

Mereka mencari ruangan tempat ujian berdasarkan kartu peserta yang mereka miliki. Seperti biasa PTS setiap ruangan ada dua kelas yang berbeda tingkat dan jurusan. Sehingga siswa dapat diminimalisasi saling bertanya atau berbagi jawaban.

Sebenarnya evaluasi merupakan hal biasa. Tujuannya untuk mengetahui tingkat penguasaan kompetensi oleh siswa. Evaluasi membedakJ mana siswa yang telah mencapai kompetensi mana yang belum. Bagi siswa yang belum mencapai kompetensi harus mengikuti remedial supaya nilai minimum tercapai.

Sebenarnya banyak faktor penentu siswa telah mencapai kompetensi seperti kualitas guru, sarana dan prasarana belajar, serta tingkat kesukaran materi. Selain itu perlu motivasi dari diri siswa sendiri maupun dari keluarga dirumah, untuk terus berupaya melakukan yang terbaik saat belajar.

Menyikapi ujian anak zaman now berbeda dengan zaman old kita dulu. Siswa sekarang kurang gigih dalam belajar. Biasanya inginnya serba instan. Ingin dapat nilai tinggi tetapi tidak mau belajar. Walaupun kita tidak dapat mengeneralisasinya.

Share
MTs NU Raudlatul Muallimin

Murid Baru Daftar Di Sini Ya….

Map Sekolah

Data Sekolah

MTs NU Raudlatul Muallimin

NPSN : 20364399 / NSM : 121233210093

Jalan Raya Ngawen No.19, Ds. Ngawen RT.04 RW.01
KEC. Kec. Wedung
KAB. Kab. Demak
PROV. Prov. Jawa Tengah
KODE POS 59554
TELEPON (0291) 6906116
FAX (0291) 6906116
EMAIL mtsnuraum3@gmail.com