Manakib dan UNBK di MTs NU Raudlatul Muallimin

Salah satu acara ritual yang menjadi tradisi sebagian masyarakat adalah manaqiban. Selain memiliki aspek seremonial, manaqiban juga memiliki aspek mistikal. Sebenarnya kata manaqiban berasal dari kata ‘manaqib’ (bahasa Arab), yang berarti biografi, kemudian ditambah dengan akhiran ‘an’ (bahasa Indonesia) menjadi manaqiban yang berarti kegiatan pembacaan manaqib (biografi) Syaikh ‘Abdul Qodir al-Jailani, seorang wali yang sangat legendaris di Indonesia.

Kalau dilihat secara ilmiah kitab manaqib itu memang tidak istimewa. Tetapi tampaknya dalam kehidupan para penganut tarekat, manaqiban merupakan kegiatan ritual yang tidak kalah sakralnya dengan ritual-ritual lain. Bahkan manaqiban ini dilaksanakan oleh kebanyakan masyarakat dan santri pedesaan di Pulau Jawa dan Madura.

Isi kandungan kitab manaqib itu meliputi silsilah nasab Syaikh ‘Abdul Qodir al-Jailani, sejarah hidupnya, akhlaq dan karomah-karomahnya, di samping itu tercantum juga doa-doa bersajak (nadham) yang bermuatan pujian dan tawassul  (berdoa kepada Alloh Subhanahu wa Ta’ala  melalui perantaraan ) Syaikh ‘Abdul Qodir.

Harapan para pengamal manaqib untuk mendapat keberkahan dari pembacaan manaqib ini didasarkan atas adanya keyakinan bahwa Syaikh ‘Abdul Qodir al-Jailani adalah quthb al-’auliya (wali quthub) yang sangat istimewa, yang dapat mendatangkan berkah dalam kehidupan seseorang.

Manakib juga menggema di MTs NU Raum pada hari Senin, 18 Desember 2017. Keluarga besar MTs NU Raudlatul Muallimin mengadakan manakib karena curahkan rasa syukur pada Allah SWT karena kini, MTs Raum sudah memiliki 40 unit komputer. Komputer sersebut nantinya akan digunakan untuk kegiatan Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Semoga komputer yang kini kita miliki bisa menambah semangat para peserta didik untuk selalu meningkatkan ilmunya dalam menghadapi UNBK. Kita juga berharap kegiatan UNBK dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang memuaskan peserta didik, orang tua, serta madrasah.

Amien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.