SEKILAS INFO
: - Kamis, 14-10-2021
  • 6 bulan yang lalu / Selamat Kepada Muhammad Iqbal Aufa yang meraih Juara 1 Matematika even KSM 2021
  • 7 bulan yang lalu / Selamat Kepada Asif Fatkhulah Fairus yang menyabet Juara 1 IPA dalam even KSM 2021
  • 8 bulan yang lalu / Pelaksanaan PTS Gasal  tahun pelajaran 2021/2022 Insya Allah pada akhir  September 2021
Konferensi BPP Ma'arif NU Raum Wedung Tahun 2021

Wedung. mtsnuraum.sch.id Hari masih pagi. Sasana masih dingin. Angin berhembus menerpa daun-daun yang ada di sekitar halaman MTs NU Raudlatul Muallimin. Seharusnnya MTs NU Raum sepi karena hari ahad, 21 Maret 2021 selepas ujian PTS kelas 7&8 serta PAT kelas 9 jadwalnya libur. Namun terlihat ada kegiatan di MTs NU Raum. Ada yang mengatur ruangan, ada yang menyipkan snack, dan ada juga yang menyalakan sound. Setelah ditelisik sejurus ternyata pada hari itu ada kegiatan Konfrensi BPP Ma’arif NU Raum Wedung.

Konferensi adalah rapat atau pertemuan untuk berunding atau bertukar pendapat mengenai suatu masalah yang dihadapi bersama. Konferensi bisnis, pertemuan untuk membahas masalah bisnis. Konferensi pers, suatu pengumuman untuk pers (cetak, radio, televisi) dengan diikuti oleh sesi tanya jawab tentang hal yang diumumkan. BPP Maarif NU Wedung yang dipimpin KH. Masykuri Abdullah sudah menjabat dari tahun 2015 – 2021. Setelah berjalannya waktu konfrensi harus diadakan karena sudah lebih dari 5 tahun. .

Tepat pukul 09.00 WIB, acara dimulai. Acara pertama, sambutan yang disampaikan oleh KH. Fathul Qorib, M. Pd. I. Beliau sebagai Suriyah MWC Kecamatan Wedung menceritakan sejarah lahirnya BPP Ma’arif NU Raum Wedung beserta lembaga – lembaga pendidikan di bawahnya, MTs, MA, dan SMK NU Raum Wedung. Dalam keterangannya beliau menyampaikan bahwa BPP Maarif NU berdiri pada Hari Rabu, 8 Februari 1967. Beliau juga menceritakan hirarki BPP Maarif NU Raum Wedung ke atas dan ke bawah. Keatas BPP Ma’arif NU Raum Wedung bertanggngjawab kepada MWC kecamatan Wedung dan ke bawah, membawahi MTs NU Raudlatul Muallimin Wedung, MA NU Raudlatul Muallimin Wedung dan SMK NU Raudlatul Muallimin Wedung.

Sambutan kedua disampaikan oleh Camat Wedung yang diwakili oleh Bpk Sekcam Kecamatan Wedung yaitu Bapak Mulyanto, Ap. M. Si. Beliau mengingatkan pentingnya tentang protokol kesehatan. Selain itu beliau juga menyampaikan terima kasih kepada pengurus yang sudah bekerja keras membangun pendidikan di wilayah Kecamatan Wedung. Mutiara Raudlatul Muallimin agar tetap bersinar serta berkilau. Raudlatul Muallimin senantiasa berperan dalam menjaga dan mengembangkan pendidikan di wilayah Kecamatan Wedung.

Sambutan ketiga disampaikan Bpk Nur Faizi M. Pd. Selalu wakil  LP Ma’arif Kab Demak, sekaligus Kasubag TU Kementrian Agama Kabupaten Demak. Beliau, menyampaikan bahwa kita harus memperbesar LP Ma’arif Demak. Caranya mengajak dan mengupayakan agar lembaga-lembaga pendidikan mau bergabung dengan LP Ma’arif Kab Demak. Dengan lembaga pendidikan NU Yang sebakin banyak maka akan menjadikan NU lebih berkontribusi di masyarakat. khususnya dalam bidang pendidikan. Menurut beliau, BPP Ma’arif NU Raum adalah satu satunya lembaga pendidikan yang langsung dibawah naungan NU, yaitu MWC Wedung.

Selanjutnya menurut beliau, bahwa pemerintah melalu mentri agama selalu berpesan 3 hal:

1. Penguatan moderasi beragama. Dengan agama diharapkan dapat menjadi jembatan yang baikagar kehidupan islam yang membawa suasa sejuk. NU Harus berperan. NU harus menjadi garda terdepan terhadap faham-famam yang berusaha memecah belah NKRI.

2. Penguatan Pondok pesantren. Pondok pesantren NU sangat besar perannya dalam masyarakat. Untuk itu, Pemerintah lewaat UU Pondok pesantren mendorong dan mengajak agar memaksimalkan peran ponpes-ponpes di tengah-tengah masyarakat untuk menjadi pagar , benteng atas budaya dan paham radikalisme.

 3. Peningkatan Mutu Madrasah. Pantura adalah basis madrasah. Namun even – even lomba. KSM dikuasai wilayah selatan. Intuk itu peningkatan prestasi di madrasah madasah harus ditingkatkan terutama prestasi lomba2. Harapannya agar even2 lomba dapat kita warnai.

Di akhir kata beliau berpesan agar BPP Ma’arif NU Raum dapat mewarnai pendidikan di wilayah Kecamatan Wedung dengan tetap teguh membawa simbol simbol NU.

Acara seromoni di akhiri  oleh doa oleh KH. Dahlar hamsah dan selesailah agenda seremoni dan akan dilanjutkan dengan acara selanjutnya.

Acara kedua dipimpin oleh ketua Bpk Zainuddin, M. Pd. Dan sekretaris H. Sucipto, S. Ip. Agendanya adalah pleno 1 membahasas tata tertib konferensi dan rancangan program tahun 2021 – 2026. Dalam membahas tata tertib yang dipimpin Bpk Zainuddin sebagai ketua membacakan 1 persatu pasal demi pasal tata tertib konfeerensi bersama anggota rapat. Dalam tata tertib ada VIII BAB dan 11 pasal. Setelah dibacakan. Dalam konferensi yang diadalkan di MTs NU Raum yang hadir ada 28 peserta yang seharusnya ada 32. Ada 4 peserta yang berhalangan. Utusan konferensi terdiri dari utusan Rois suriyah NU, MWC NU Wedung, dan 5 orang dari MTs, MA, dan SMK NU Raum.

Pleno 2 Pertanggungjawaban Pengurus masa bakti 2016 -2021

Dalam rapat Pleno kedua yang membahas tentang pertanggungjawaban pengurus BPP Ma’arif NU Wedung dipimpin oleh H. Sukarjo dan BPK Al Munawar. Dalam pertanggun jawaban beliau ketua BPP Ma’arif NU, KH. Masykuri Abdullah, M. Pd. I. Beliau menyampaikan capain dan kendala kedala yang dihadapi saat menjawat sebagai ketua BPP Ma’arif NU Raum Wedung. Beliau juga menyampaikan 3 lembaga yang d ibawah NU Raum yaitu MTs NU Raum, MA NU Raum, dan SMK NU Raum sekarang ini juga mengalami banyak kemajuan.

Selain hal hal teknis yang beliau sampaikan, KH. Maskuri Abdullah juga menyampaikan sarana prasarana yang telah dimiliki oleh 3 lembaga Pendidikan. Yang alhamdullilah semakin hari semakin meningkat. Total uang yang di kelola selama periode 2016 – 2021 kurang lebih ada Rp1.361.738.636,00.

Dalam laporan pertanggungjawaban tersebut peserta sempat menanyakan beberapa hal. Yang pertama H. Mustakim yang menanyakan tentang apakah tidak ada dana yang masuk dari pihat ke tiga? Mengapa laporannya hanya dari 3 lembaga pendidikan saja. Pertanyaan kedua dari Bpk Rohani yang menanyakan tentang halal bihalal koq hilang. Dana yang dari koprasi Raum mohon lebih dirinci.

Dari pertanyan-pertanyaan yang muncul. KH. Masykuri Abdullah, M. Pd. I dapat menjawab dengan baik dan akhirnya peserta konferensi dapat menerima pertanggungjawaban Ketua BPP Ma’arif NU Raum dengan ucapan terima kasih yang sebesar besarnya atas jerih payah KH. Masykuri Abdullah, M. Pd. I selama ini.

Pleno 3 Pemilihan Pengurus PPP Ma’arif NU 2021 – 2026

Rapat pleno yang ketiga dengan agenda pemilihan pengurus BPP Ma’arif NU Raum. Pada rapat pleno pemililihan yang dipimpin Bpk Munawar, M. Pd dan H Mustaqim, S. Ag. Rapat berlangsung lancar. Semua berpendapat. Dalam akhir rapat diputuskan bahwa karena ada sesuatu hal maka pemilihan Ketua BPP Ma’arif NU Raum dalam Konferensi tahun 2021 di tunda sementara dan segala sesuatunya di serahkan pada MWC Wedung. (Admin)

Share

TINGGALKAN KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Data Sekolah

MTs NU Raudlatul Muallimin

NPSN : 20364399 / NSM : 121233210093

Jalan Raya Ngawen No.19, Ds. Ngawen RT.04 RW.01
KEC. Kec. Wedung
KAB. Kab. Demak
PROV. Prov. Jawa Tengah
KODE POS 59554
TELEPON (0291) 6906116
FAX (0291) 6906116
EMAIL mtsnuraum3@gmail.com