SEKILAS INFO
: - Rabu, 28-10-2020
  • 5 bulan yang lalu / Keluarga Besar MTs NU Raum menyampaikan selamat merayakan Idul Fitri 1441 H “MOHON MAAF LAHIR BATIN”
  • 5 bulan yang lalu / Pelaksanaan PAT kelas 7 dan 8 In Syaa Allah 3 – 11 Juni 2020
  • 7 bulan yang lalu / Pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) Gasal 2020 tanggal 5 sampai dengan 12 Oktober 2020.
Dampak Social Distancing dalam Pembelajaran di Tengah Pandemi Virus Covid-19

Akhir-akhir ini dunia dihebohkan oleh sebuah wabah yang disebut dengan virus corona atau covid-19. Virus ini ditemukan disalah satu kota yakni Wuhan provinsi Hubei, Cina. Virus yang telah menyerang ke berbagai negara dibeberapa benua diseluruh dunia ini, menyerang system pernapasan, dan dapat menyebabkan kematian apabila tertular.

Beberapa upaya telah dilakukan untuk memutus mata rantai penularan virus tersebut. Maka dari itu pentingnya mencegah sejak dini patut untuk dilaksanakan. Salah satu cara pencegahan yang dilakukan yakni menghindari untuk berkunjung ketempat ramai (social distancing).

Social distancing ialah pembatasan sosial yang dilakukan seseorang untuk menjaga jarak yang dimaksudkan untuk menekan atau memperlambat penularan penyebaran penyakit.

Namun akibat adanya penerapan social distancing ini, ternyata berdampak pada salah satu sector yaitu dibidang pendidikan. Dengan demikian seluruh kegiatan belajar mengajar akan dilaksanakan dirumah masing-masing atau hanya bertatap muka secara online.

Mengingat terbatasnya interaksi antara pendidik dengan peserta didik, hal ini bukanlah suatu perkara yang gampang untuk dilakukan. Apalagi proses pembelajaran ini tidak dilakukan secara matang dan tidak ada perencanaan sebelumnya.

Banyak dampak yang terjadi selama proses pembelajaran secara daring. Terutama untuk para pendidik yang harus menyesuaikan model dan teknik pengajaran yang telah dilakukan sebelunya akan sangat berbeda dengan diterapkan pada pembelajaran secara daring. Beberapa dampak yang lain yaitu:

  • Seorang pendidik tersebut kurang cakap atau pandai dalam mengoperasikan teknologi informasi sehingga materi yang sudah disusun tak tersampaikan secara maksimal.
  • Fasilitas yang kurang memadai, sebagai contoh kurangnya akses menuju jaringan ¬†internet entah wilayah tinggal baik peserta didik atau pendidik yang belum tersentuh akses internet, ataupun mahalnya kuota yang dimiliki atau yang biasanya terjadi yakni sinyal yang tidak mendukung.
  • Beberapa peserta didik tidak melakukan pembelajaran secara daring melainkan mereka malah asyik bermain game online dengan dalih pembelajaran online.

Banyak sekali dampak yang terjadi dalam pembelajaran secara online dikala merebaknya wabah virus covid-19. Untuk itu terlepas dari kejadian ini, pembelajaran yang dilakukan secara online ini menuntut pendidik untuk berinovasi dan lebih kreatif agar pembelajaran daring tidak terkesan membosankan namun juga tidak terlalu memberatkan kepada peserta didik.

Hal itu perlu adanya dukungan pula dari orang tua selaku pendidik dalam lingkungan keluarga. Maka dari itu antara orang tua, peserta didik, dan pendidik diharapkan mampu berkolaborasi agar proses pembelajaran berjalan lancar dan sukses selama masa social distancing ini.

Share

TINGGALKAN KOMENTAR

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MTs NU Raudlatul Muallimin

Map Sekolah

Data Sekolah

MTs NU Raudlatul Muallimin

NPSN : 20364399 / NSM : 121233210093

Jalan Raya Ngawen No.19, Ds. Ngawen RT.04 RW.01
KEC. Kec. Wedung
KAB. Kab. Demak
PROV. Prov. Jawa Tengah
KODE POS 59554
TELEPON (0291) 6906116
FAX (0291) 6906116
EMAIL mtsnuraum3@gmail.com