SEKILAS INFO
: - Jumat, 23-10-2020
  • 5 bulan yang lalu / Keluarga Besar MTs NU Raum menyampaikan selamat merayakan Idul Fitri 1441 H “MOHON MAAF LAHIR BATIN”
  • 5 bulan yang lalu / Pelaksanaan PAT kelas 7 dan 8 In Syaa Allah 3 – 11 Juni 2020
  • 7 bulan yang lalu / Pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) Gasal 2020 tanggal 5 sampai dengan 12 Oktober 2020.
Antisipasi New Normal, 16 protokol penanganan Covid-19 di lingkungan MTs NU Raum Wedung

Mencegah lebih baik dari pada mengobati adalah kata yang tepat untuk menggambarkan keadaan saat ini. Maraknya penularan virus COVID-19 saat ini membuat kita berpikir keras agar kesehatan selalu terjaga. Jika di rumah mungkin tidak ada masalah. Segala sarana dan perangkat kesehatan telah tersedia. Bagai mana jika di madrasah? MTs NU Raum contohnya.

MTs NU Raum adaah sebuah madrasah di sebuah kota kecamatan yang mobilitas penduduknaya sangat signifikan. Hampir 1/4 penduduk kota Wedung  sebagai hidup di perantaun, di kota-kota besar. Ada yang menjadi penjahit, berdagang, mahasiswa, santri, ada juga yang bekerja sebagai karyawan di perusahaan-perusahaan di kota besar. Dengan adanya kasus COVID-19 tidak menutup kemungkinan mereka pulang kampung atau mudik lebaran. Kita juga tidak tahu apakah mereka terbebas Virus COVID-19 atau tidak.

Madrasah, kepala madrasah, guru, orangtua siswa diimbau untuk tidak panik, mengutamakan ketenangan, namun tetap waspada dan berpartisipasi aktif dalam mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19. Imbauan ini disampaikan waka humas MTs NU Raum, Hj. Ummi Thoifah, S. Ag. pada rapat pimpinan membahas Protokol pencegahan Covid-19 di MTs NU Raum(1/6/2020). “Tidak usah panik,” tegas Hj. Ummi Thoifah, S. Ag. Ia juga mengajak wali murid, dan siswa-siswi MTs NU Raum agar lebih bijaksana dalam menyikapi berbagai hoaks terkait penyebaran virus corona ini.
Lebih baik, lanjutnya, penerima pesan mengidentifikasi sumber berita terlebih dahulu untuk menilai akurasi pesan/informasi yang diterima sebelum disebarluaskan kembali. “Jangan menyebarluaskan berita-berita hoaks atau berita-berita yang tidak benar kepada masyarakat,” ujarnya.
Dalam kesempatan sama kepala MTs NU Raum, H. Salman Dahlawi, M. Pd. I, menyampaikan 15 protokol penanganan terkait pencegahan dan pengendalian Covid-19, termasuk di MTs NU Raudlatul Muallimin. Protokol ini merujuk World Health Organization (WHO), Kemenkes dan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM). Berikut 15 protokol penanganan Covid-19 di lingkungan MTs NU Raum Wedung;
  1. Pihak madrasah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat untuk mengetahui rencana atau kesiapan daerah Kec. Wedung  dalam menghadapi Covid-19.
  2. Menyediakan sarana cuci tangan menggunakan air dan sabun atau pencuci tangan berbasis alkohol di berbagai lokasi strategis di madrasah sesuai jumlah dibutuhkan, terutama tempat cuci tangan di depan-depan kelas.
  3. Menginstruksikan warga madrasah melakukan cuci tangan menggunakan air dan sabun atau pencuci tangan berbasis alkohol, dan perilaku hidup bersih sehat (PHBS) lainnya seperti: makan jajanan sehat, menggunakan jamban bersih dan sehat, olah raga teratur, tidak merokok, membuang sampah pada tempatnya.
  4. Membersihkan ruangan dan lingkungan madrasah secara rutin (minimal 1 kali sehari) dengan desinfektan, khususnya handel pintu, saklar lampu, komputer, meja, keyboard dan fasilitas lain yang sering terpegang oleh tangan. Termasuk Memonitor absensi (ketidakhadiran) warga madrasah, Jika diketahui tidak hadir karena sakit dengan gejala demam/batuk/pilek/sakit tenggorokan/sesak napas disarankan untuk segera ke fasilitas kesehatan terdekat memeriksakan diri.
  5. Memberikan himbauan kepada warga madrasah tsanawiyah NU Raum yang sakit dengan gejala demam/batuk/ pilek/sakit tenggorokan/sesak napas untuk mengisolasi diri dirumah dengan tidak banyak kontak dengan orang lain.
  6. Tidak memberlakukan hukuman/sanksi bagi yang tidak masuk karena sakit, serta tidak memberlakukan kebijakan insentif berbasis kehadiran (jika ada).
  7. Jika terdapat ketidakhadiran dalam jumlah besar karena sakit yang berkaitan dengan pernapasan, pihak madrasah akan berkoordinasi dengan wali murid.
  8. Mengalihkan tugas pendidik dan tenaga kependidikan yang absen kepada tenaga kependidikan lain yang mampu.
  9. Pihak madrasah akan berusaha melakukan skrining awal terhadap warga madrasah yang punya keluhan sakit, untuk selanjutnya diinformasikan dan berkoordinasi dengan puskesmas setempat untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
  10. Memastikan makanan disediakan di kantin merupakan makanan sehat dan sudah dimasak sampai matang.
  11. Menghimbau seluruh warga madrasah untuk tidak berbagi makanan, minuman, termasuk peralatan makan, minum dan alat musik tiup yang akan meningkatkan risiko terjadinya penularan penyakit.
  12. Menginstruksikan kepada warga madrasah untuk menghindari kontak fisik langsung (bersalaman, cium tangan, berpelukan, dan sebagainya).
  13. Menunda kegiatan yang mengumpulkan banyak siswa atau kegiatan di lingkungan luar madrasah (berkemah, studi wisata).
  14. Melakukan skrining awal berupa pengukuran suhu tubuh terhadap semua tamu yang datang ke MTs NU Raudlatul Muallimin.
  15. Warga madrasah dan keluarga yang berpergian ke kota/negara dengan transmisi lokal Covid-19 dan mempunyai gejala demam atau gejala pernapasan seperti batuk/pilek/sakit tenggorokan/sesak napas diminta untuk tidak melakukan pengantaran, penjemputan, dan berada di area madrsah.
  16. Akan diadakan pengecekan suhu tubuh di gerbang jika para peserta didik akan memasuki lingkungan madrasah oleh petugas: NEW NORMAL.

 

 

 

Share

2 komentar

Ubai, Kamis, 4 Jun 2020

Perlu petugas yg atanby di dkt pintu gerbang utk skrining suhu tubuh menggunakan thermo gun. Setiap hari. Nuwun

Balas

    adminmts, Kamis, 4 Jun 2020

    mts sudah puya 1, tadi rencana mau beli dua lagi thermogun untuk persiapan hari senin 8/6/2020

    Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MTs NU Raudlatul Muallimin

Map Sekolah

Data Sekolah

MTs NU Raudlatul Muallimin

NPSN : 20364399 / NSM : 121233210093

Jalan Raya Ngawen No.19, Ds. Ngawen RT.04 RW.01
KEC. Kec. Wedung
KAB. Kab. Demak
PROV. Prov. Jawa Tengah
KODE POS 59554
TELEPON (0291) 6906116
FAX (0291) 6906116
EMAIL mtsnuraum3@gmail.com