SEKILAS INFO
: - Jumat, 25-09-2020
  • 4 bulan yang lalu / Keluarga Besar MTs NU Raum menyampaikan selamat merayakan Idul Fitri 1441 H “MOHON MAAF LAHIR BATIN”
  • 4 bulan yang lalu / Pelaksanaan PAT kelas 7 dan 8 In Syaa Allah 3 – 11 Juni 2020
  • 6 bulan yang lalu / Berdasarkan edaran dari Kemenag RI Nomor: 6370/Kw.11.2/1/PP.00/05/2020,  tentang Penyelenggaraan  Pembelajaran jarak jauh dan Libur Akhir Tahun bahwa Pembelajaran Jarak jauh (PJJ) secara mandiri di rumah   diperpanjang  sampai tanggal 20 Juni 2020.
Asesmen Kompetensi Minimun(AKM) DAN Survey Karakter Th. 2020 Untuk Guru

A. Pengertian

AKM atau asesmen kompetensi minimun itu terdiri dari ujian kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi) dan kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi) yang digelar pada jenjang tengah yakni kelas 4,8, dan 11.

“Jadi akan dikembalikan ke asalnya, adalah untuk penilaian madrasah/ sekolah penilaian sistem pendidikan. Itu makanya dilakukan di tengah jenjang dan alasan keduanya adalah agar itu memberikan waktu utuk madrasah itu dan guru-gurunya itu melakukan perbaikan,” jelas Nadiem.

Sedangkan survei karakter ditujukan untuk mengukur dan mengetahui karakter pribadi dan wawasan kebangsaan dari siswa.

“Pertanyaan yang personal saja mengenai apa opininya, mengenai topik-topik gotong-royong. Bhineka Tunggal Ika, tapi bukan gotong royong, bhineka tunggal ika yang ditanya tapi esensinya, behaviournya. Pengertian asas pancasila, jadi tidak ditanya tentang sila,” ujarnya.

Soal-soal yang kerjakan berbeda-beda antara guru satu dengan lainnya. Diacak. Meskipun ada yang sama, tapi hanya sekitar satu atau dua soal. Berikut ini akan sajikan contoh soal yang dikerjakan serta informasi dari berbagai sumber. Mereka tidak bisa mengingat semuanya dan sama persis, tapi hanya mengilustrasikan soal-soal tersebut. Meski demikian mereka yang sudah melakukan AKM berharap semoga bermanfaat, dan bisa memberi gambaran pada Bapak dan Ibu tentang soal-soal AKM. Aamiin

B. Contoh Soal AKM

Untuk soal AKM jumlahnya sebanyak 10 soal yang harus diselesaikan selama 30 menit. Sebagian soal-soal itu adalah:

Soal uraian. Di soal ini disajikan sebuah data tentang jumlah langkah perhari dan usia harapan hidup di beberapa negara. Di situ ada keterangan bahwa menurut dokter semakin banyak langkah perhari, maka jumlah usia harapan hidup semakin tinggi. Kemudian ditanyakan apakah ada ketidaksesuaian data yang disajikan dengan pernyataan dokter tersebut dan alasannya kenapa. Ketikan huruf/karakter jawaban dibatasi jumlahnya. Jadi kita betul-betul harus bisa menjawab dengan kalimat yang seefektif, mungkin.

Soal uraian. Di soal ini kita diminta memberikan alasan bagaimana caranya membuat teknologi nirkabel yang masih mahal diakses oleh publik, bisa lebih terjangkau daya belinya di masa depan. Ketikan huruf/karakter jawaban dibatasi jumlahnya. Jadi kita betul-betul harus bisa menjawab dengan kalimat yang seefektif, mungkin.

Soal Pilhan Ganda. Di soal ini disajikan sebuah bacaan tentang utang dan gaya hidup seseorang disertai gambarnya. Kemudian ditanyakan apa pendapat kita mengenai sikap orang tersebut yang membeli sepatu baru padahal masih memiliki banyak tagihan? Di situ ada beberapa pilihan jawaban, kita memilih salah satu.

Soal pihan sesuai atau tidak sesuai. Di soal ini disajikan naskah bacaan yang cukup panjang, bahkan kita harus menyekrolnya agar bisa membaca keseluruhan. Temanya tentang Indonesia darurat sampah plastik. Kemudian ada dua atau tiga pernyataan terkait naskah tersebut, dan kita dimintai pendapat dengan cara memilih jawaban ‘sesuai’ atau ‘tidak sesuai’. Tentu saja kalau tidak memhami bacaan kita tidak akan bisa memilih dengan tepat.

Soal Pilihan Ganda. Di soal ini disajikan gambar poster bertema bebas kantong sampah plastik lengkap dengan data angka dan persentase. Kemudian kita dimintai pendapat apakah dengan membeli kantong plastik di pusat perbelajaan akan berdampak terhadap berkurangnya sampah plastik. Kita diminta memilih salah satu dari lima alternatif jawaban.

Soal pilihan. Di soal ini disajikan sebuah data dan beberapa alternatif jawaban yang berbentuk grafik/diagram sumbu x,y. Kita di suruh memilih gambar grafik mana yang benar sesuai dengan data yang disajikan. Kita boleh memilih jawaban lebih dari satu. Kita harus teliti, sumbu tegak untuk data apa, dan sumbu mendatar untuk data apa. Kalau tidak, kita akan salah memilih.

Soal pilihan. Di soal ini disajikan sebuah diagram. Di situ ada titik-titik yang letaknya acak bertuliskan nama-nama Negara. Kemudian kita disuruh menentukan letak sebuah Negara dibandingkan dengan Negara lain. Apakah terletak di atas, di bawah, samping kiri atau kanan, atau yang paling ujung kanan atau kiri. Di sini juga dibutuhkan ketelitian, titik-titik itu letaknya terlalu dekat dan berdempetan. Cukup membingungkan, dan harus membelalakkan mata agar lebih jelas.

Soal pilihan opini atau fakta. Di soal ini disajikan sebuah gambar tentang prilaku belanja seseorang. Kemudian ada lima pernyataan terkait dengan gambar. Di setiap pernyataan kita diminta memilih apakah pernyataan itu ‘opini’ atau ‘fakta’.

C. Contoh Soal Survey Karakter

Sesi berikutnya adalah survey karakter dengan durasi waktu 30 menit. Soal yang dikerjakan sebanyak 13 soal. Bentuk soalnya pilihan ganda. Di soal diberikan stimulus, kemudian kita disuruh berpendapat dengan cara memilih salah satu dari lima alternatif jawaban. Alhamdulillah redaksi soal dan alternatif jawabannya yang tersedia tidak terlalu panjang. Adapun soal-soal yang mereka ingat adalah:

Si A senang dengan kesenian, dia ingin kuliah memilih jurusan seni, tapi ibunya menyuruhnya memilih kedokteran. Apa yang harus dilakukan si A?

Si A adalah ketua OSIS akan mengadakan pertunjukan pentas seni dengan menyajikan budaya nasional. Tapi ada temannya yang menginginkan yang dipentaskan bernuansa Korea. Apa yang harus dilakukan A agar pentas tersebut tetap berjalan?

Si Doni akan mengikuti seleksi. Materinya A, B, C, dan D. Dia lemah di materi A. Sedangkan materi B, C, dan D dia menguasai. Apa yang akan dilakukan Doni agar tes-nya lulus?

Si A adalah siswa SMP. Karena ada sesuatu hal ia agak kesiangan ketika hendak berangkat sekolah, tapi A tidak ingin terlambat. Kebetulan di rumah ada sepeda motor milik Ibu. Apa yang harus dilakukan oleh si A?

Anda sebagai juri lomba. Kebetulan salah satu peserta adalah siswa Anda. Anda tahu bahwa siswa tersebut melakukan kesalahan tapi juri lain tidak tahu. Mereka memberi nilai tinggi pada siswa Anda. Apa yang akan Anda lakukan?

Untuk soal AKM memang benar kata Pak Menteri, dibutuhkan kemampuan menalar yang tinggi, bisa membaca diagram, grafik, angka-angka maupun data. Selain itu dibutuhkan keterampilan membaca cepat sekaligus paham isi bacaan. Kalau tidak, kita tidak akan bisa menyelesaikan dengan waktu yang tersedia. Kita hanya sempat mengecek jawaban sekali, itu pun hanya memastikan apakah semua soal sudah saya jawab ataukah ada yang belum. Tidak sempat untuk memikir ulang. Ketika saya klik ‘selesai’ waktu yang tersisa hanya 18 detik.

Untuk survey karakter lebih mudah, karena kita tinggal memilih jawaban yang cocok dengan pendapat kita. Sangat subyektif tergantung dari pribadi masing-masing kita seperti apa. Kalau saya ya berusaha memilih alternatif jawaban yang paling baik, paling bijak, dan paling tepat. Tapi lagi-lagi ya menurut saya. Hee…

Bapak dan Ibu Guru MTs NU Raum, kira-kira seperti itulah soal-soal yang ada di simulasi AKM dan survey karakter. Mohon maaf tidak bisa menyajikan dan mengilustrasikan AKM dan Survey Karakter dengan baik. Namun demikian semoga bermanfaat ya. Sukses untuk Bapak dan Ibu semua. Aamiin

Share

TINGGALKAN KOMENTAR

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MTs NU Raudlatul Muallimin

Map Sekolah

Data Sekolah

MTs NU Raudlatul Muallimin

NPSN : 20364399 / NSM : 121233210093

Jalan Raya Ngawen No.19, Ds. Ngawen RT.04 RW.01
KEC. Kec. Wedung
KAB. Kab. Demak
PROV. Prov. Jawa Tengah
KODE POS 59554
TELEPON (0291) 6906116
FAX (0291) 6906116
EMAIL mtsnuraum3@gmail.com